August 27, 2018

Planning Buat Website? Kenali Yuk Ekstensi Domain Ini

August 27, 2018

Apa itu Ekstensi Domain?

Ekstensi domain atau TLD adalah bagian terakhir dari nama domain. Ini adalah huruf yang muncul setelah titik dan ke sisi kanan nama domain. 

Sebagai contoh, IDwebhost menggunakan domain .com (yaitu idwebhost.com) dan Wikipedia menggunakan domain .org (wikipedia.org). 

Domain pertama adalah .com, .net, dan .org. Mereka masih merupakan domain yang paling populer. 

Seiring waktu berlalu, ekstensi domain baru diperkenalkan. Ini termasuk domain khusus negara seperti .co.id atau .com.de, dan ekstensi umum seperti .travel, .app, .mobi, .photography, dan lainnya.

Hari ini, ada ratusan domain yang tersedia yang dapat digunakan untuk memulai sebuah situs web. Anda dapat mendaftarkan nama domain dari salah satu pendaftar domain teratas ini. 

Beberapa pendaftar menawarkan lebih banyak variasi daripada yang lain. Biaya untuk setiap domain akan bervariasi, dan beberapa yang baru cukup mahal jika dibandingkan dengan ekstensi .com, .net, dan .org yang populer. 

Setelah Anda membeli nama domain, Anda masih memerlukan hosting terbaik untuk membuat situs web.

Haruskah Anda Pilih Ekstensi Domain Saat Buat Website?

Ketika Anda ingin membuat website, pilihlah nama domain yang tepat karena sangat mempengaruhi keberhasilan situs web Anda. Bagian ekstensi dari domain Anda mempengaruhi pencitraan merek Anda. 

Ekstensi domain baru tidak begitu populer karena kebanyakan orang tidak akrab dengan mereka. Bahkan, beberapa pengguna mungkin tidak mengenali mereka sebagai nama domain yang tepat. 

Domain .com telah menjadi identik dengan internet. Hampir 46% dari semua nama domain terdaftar adalah domain .com. Inilah sebabnya mengapa saya menyarankan hanya menggunakan domain .com. 

Domain .com mudah diingat. Sebagian besar pengguna internet secara naluriah menggunakan .com ketika memasukkan alamat situs web di browser mereka. Karena popularitas nama domain .com, mereka lebih mudah untuk mempromosikan dan membantu Anda mengembangkan bisnis. 

Nama domain .com dapat digunakan untuk buat website hampir di semua jenis. Fleksibilitas ini juga memberi Anda kebebasan untuk mengubah lingkup situs web atau bisnis Anda sambil mempertahankan nama merek dan domain lama. 

Karena keakraban, fleksibilitas, dan potensinya, saya menyarankan Anda hanya memilih domain .com untuk situs web baru Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Domain .com Saya Tidak Tersedia?

Ekstensi Domain Website
Ekstensi Domain

Sebagian besar situs web di internet menggunakan ekstensi .com. Ini berarti ada hampir 136 juta nama domain .com sudah terdaftar. Ini akan membuat Anda merasa bahwa semua nama domain yang bagus sudah terdaftar. 

Namun, masih banyak cara cerdas untuk menemukan nama domain .com yang bagus.

Ingat!  
  • Nama domain Anda harus mewakili bisnis dan apa yang Anda lakukan. 
  • Anda dapat mencoba menambahkan kata-kata kecil sebelum atau sesudah nama domain pilihan Anda untuk membuatnya unik. 
  • Pastikan nama domain Anda dapat dengan mudah diucapkan. Jangan gunakan tanda hubung atau angka di nama domain Anda. 
  • Manfaatkan generator nama domain online. Alat gratis ini akan membantu Anda menemukan ide nama domain yang masih tersedia. 

Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut, lihat panduan pemula kami tentang cara memilih nama domain.

Ekstensi Domain Lainnya Yang Tersedia

Ekstensi Domain
Ekstensi Domain

Ada ratusan ekstensi nama domain yang tersedia. Saya telah mencoba mengambil beberapa ekstensi umum dan populer untuk memberi Anda gambaran tentang bagaimana domain ini dimaksudkan untuk digunakan.

Kapan sebaiknya .NET digunakan?

Ekstensi .net adalah ekstensi domain paling populer kedua. Domain ini digunakan oleh jaringan bisnis, penyedia layanan internet, atau jaringan komunitas online. 

Menggunakannya untuk situs web bisnis yang tidak terkait adalah ide yang buruk untuk merek Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan .net jika Anda menjual perangkat jaringan di situs web tetapi tidak untuk toko pakaian.

Kapan sebaiknya .ORG digunakan?

.Org awalnya diluncurkan untuk melengkapi ekstensi domain .com dan .net. Sangat cocok untuk organisasi nirlaba, amal, agama, atau situs web kesadaran sosial. 

Menggunakannya untuk bisnis atau situs web pribadi dapat memberi kesan salah pada pelanggan Anda. Ada organisasi yang menggunakan .org untuk aktivitas nirlaba mereka dan versi .com dari domain yang sama untuk aktivitas komersial.

Kapan Sebaiknya .BIZ Digunakan?

Ekstensi domain .biz adalah akronim untuk bisnis. Mirip dengan ekstensi .com, .biz dimaksudkan untuk digunakan oleh semua jenis situs web bisnis. 

Namun, .biz jauh kurang akrab bagi pelanggan yang membuatnya sulit untuk diingat. Ini juga dapat memengaruhi persepsi pelanggan tentang bisnis Anda ketika Anda tidak menggunakan ekstensi .com.

Kapan Sebaiknya .INFO Digunakan?

Ekstensi .info adalah akronim untuk informasi dan dapat digunakan oleh portal informasi atau situs web serupa. 

Menggunakan ekstensi ini untuk buat website atau blog bisnis dapat memberi kesan yang salah kepada pengguna. Ini juga akan memengaruhi reputasi merek Anda dan sasaran situs web Anda dalam jangka panjang.

Kapan Sebaiknya .NAME Digunakan?

Ekstensi .name dimaksudkan untuk digunakan oleh individu. Ekstensi domain baru yang kurang populer ini dibuat untuk memberi orang opsi lain untuk mendaftarkan nama domain untuk situs web pribadi dengan nama mereka sendiri. 

Karena ketidakbiasaan ekstensi dan ruang lingkupnya, Anda hanya dapat menggunakannya untuk situs web atau blog pribadi. Anda tidak boleh menggunakannya untuk situs web bisnis kecil.

Kapan Sebaiknya .TV Digunakan?

Secara teknis, ekstensi domain tv adalah TLD berbasis negara untuk situs web yang berbasis di Tuvalu (negara kepulauan kecil di Samudera Pasifik). Namun, domain tersebut digunakan oleh situs web terkait tv di seluruh dunia. 

Anda hanya boleh menggunakan domain ini jika situs web atau bisnis Anda adalah tentang industri tv. Menggunakannya untuk bisnis atau blog lain akan terlihat aneh. 

Bahkan, meskipun Anda memiliki situs web terkait tv, saya tetap menyarankan Anda untuk menggunakan nama domain .com. Banyak perusahaan tv populer tidak menggunakan ekstensi domain .tv. Misalnya, HBO, CNN, CBS, dan puluhan lainnya. 

Ada lusinan ekstensi domain lainnya seperti .photography, .club, .xyz, .blog, dan banyak lagi. Semuanya terlalu spesifik, kurang mengesankan, dan membatasi potensi situs web Anda.

Bagaimana Dengan Domain Khusus Negara?

Dengan Domain Khusus Negara
Dengan Domain Khusus Negara

Anda hanya boleh menggunakan ekstensi domain spesifik negara jika hanya ingin menargetkan pengguna di negara tersebut. 

Tujuan penggunaan ekstensi domain khusus negara digunakan oleh individu dan bisnis di wilayah tersebut. Banyak domain seperti ini hanya dapat didaftarkan jika Anda berada di negara tersebut atau memiliki perwakilan di sana. 

Ekstensi domain khusus negara sangat bagus untuk membuat situs web multibahasa atau membuat situs web khusus kawasan. Beberapa situs web menggunakan ekstensi domain negara untuk mendapatkan ide cerdas untuk nama domain mereka. 

Misalnya, bit.ly menggunakan ekstensi domain untuk Libya, atau goo.gl, layanan penyingkat URL oleh Google menggunakan ekstensi domain negara untuk Greenland. 

Nama domain semacam ini disebut hacks domain. Meskipun terlihat keren, Anda akan memerlukan keterampilan pemasaran untuk mengubahnya menjadi merek yang dapat dikenali dan mengesankan bagi pengunjung web. 

Saya harap artikel ini dapat membantu menjawab pertanyaan tentang memilih ekstensi domain baru untuk situs web Anda. 

Dengan buat website di IDwebhost yang menyediakan beragam ekstensi domain, Anda bisa memilihnya dan menikmati paket promo yang diberikan.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Planning Buat Website? Kenali Yuk Ekstensi Domain Ini

  1. ternyata memang terbukti nama domain itu sangat berpengaruh dengan SEO blog kita, seperti contohnya domain saya www.DaihatsuBali.in pagerank dan indeksi google nya kurang maksimal dan posisi situs blog saya sangat sulit memperoleh posisi pertama search engine google dan yahoo.

    ReplyDelete
  2. Thnks infonya...
    Jd nambah pengetahuan...

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *