Pengertian Backlink dan Fungsinya bagi Blog

Pengertian Backlink dan Fungsinya bagi Blog

Pengertian Backlink dan Fungsinya bagi Blog
Backlink merupakan hal paling sulit didapatkan para blogger. Butuh kerja ekstra untuk bisa mendapatkan tautan balik yang menjadi salah satu faktor SEO blog itu.

Backlink akan didapatkan jika menulis konten berkualias, menarik, unik. Posting itu akan memuat blogger lain atau penulis konten di website lain akan dengan sukarela memberikan backlink ke blog kita, jika mereka mengutipnya.

Banyak blogger yang berusaha mencari backlink dengan blogwalking atau menyebar link di forum-forum, meski backlick tersebut tidak masuk kategori backlink berkualitas karena rel='nofollow'.

Blog tanpa backlink sebenarnya tidak masalah. Masih bisa mendapatkan banyak pengunjung, asalkan artikelnya unik, menarik, dan bermanfaat. Dalam SEO, backlink hanyalah salah satu dari puluhan bahkan ratusan faktor SEO yang bisa menaikkan peringkat blog di Google.

Mesin pencari, Google dan Bing, masih menempatkan konten sebagai hal utama dalam perambahan, indeks, dan pemeringkatan. "Content will always be King!" kata Forbes. Konten, posting, atau artikel akan selalu menjadi raja, yakni penentu sukses blogging.

Berikut ini CB ulas pengertian backlink dan fungsinya bagi blog. Artikel ini merupakan saduran sekaligus update dari postingan Maskolis tentang backlink.

Pengertian Backlink

Backlik adalah link (tautan) yang mengarah pada situs web atau blog kita dari situs lain. Backlink, secara harfiyah artinya 'tautan balik', merupakan salah satu faktor SEO yang dapat meningkatkan posisi di halaman hasil pencarian Google (SERP).

Sebutan lain backlink adalah inbound link, link masuk (incoming link), dan inlink.

Bahasa Indoesia backlink, selaian tautan balik, adalah Pranala Balik, yaitu link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web.

Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

Inbound link yang awalnya penting (sebelum munculnya search engine) sebagai dasar navigasi web; hari ini, kepentingannya terletak pada peringkat dari search engine optimization (SEO).

Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingnya website atau halaman (misalnya, ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari halaman web).

Proses membangunnya disebut backlinking atau linkbaiting.

Jumlah backlink yang dimiliki situs/blog adalah nilai popularitas situs tersebut. Fungsi backlink itu terutama adalah memberikan kekuatan untuk bersaing di posisi halaman indeks pencarian Google.

Namun demikian, tidak semua backlink diperhitungkan oleh Google. "Si Mbah" hanya menilai backlink berkualitas

Backlink Berkualitas

Backlink yang berkualitas itu adalah tautan alami dan dari situs/blog berkualitas. Google mempertimbangkan isi situs untuk menentukan kualitas sebuah link.

Incoming link yang kita miliki berasal dari situs lain dengan content yang sejenis atau berhubungan dengan situs kita diartikan sebagai incoming link yang berkualitas. 

Bila backlink berasal dari situs yang tidak berhubungan sama sekali dengan situs kita, maka Google menganggap relevansinya kurang. Semakin besar relevansi incoming link, semakin besar pula kualitasnya di mata search engine Google. 

Sebagai contoh, jika ada sebuah situs dengan tema Tutorial Blog menerima backlink dari situs dengan tema Tips dan Trik Blogging maka hubungan relevansi situs dianggap berkualitas dan lebih relevan.

Namun, bila situs tersebut menerima incoming link dari situs dengan tema "Resep Masakan Indonesia" atau "Technology Handphone", dapat dipastikan hubungan backlink situs tersebut tidak relevan. 

Semakin relevan situs yang memberikan backlink ke situs kita, semakin berkualitas backlink tersebut. Inilah backlink yang berkualitas dengan tema yang relevan dan topik yang sejenis atau masih berhubungan dengan situs kita.

Sekali lagi, setelah mengerti pengertian backlink dan fungsinya bagi blog, mengingat sulitnya mendapatkan backlink berkualitas, maka fokus saja ke konten. Isi blog dengan artikel-artikel berkualitas, dengan menceritakan pengalaman, perasaan, berbagi tips sesuai pengetahuan dan pemahaman.

Menurut CB, posting blog yang pasti unik dan berbeda dengan tulisan di blogger lain adalah menuliskan pengalaman, passion. Jika banyak pesaing dengan topik yang sama, pastikan postingan kita lebih lengkap, lebih panjang, lebih baik, lebih detail dan mendalam, dilengkapi gambar dan video jika memungkinkan.

Demkian Pengertian Backlink dan Fungsinya bagi Blog. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Backlink dan Fungsinya bagi Blog | Labels: Tips SEO edit this post
0 Komentar untuk "Pengertian Backlink dan Fungsinya bagi Blog"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *