9 Prinsip Web Usability dalam Desain Blog, Tidak Asal Bagus!

Web Usability adalah prinsip dalam desain website atau blog yang mengutamakan kegunaan atau manfaat. Percuma bagus jika tidak berguna. Berikut ini 9 Prinsip Web Usability dalam Desain Blog.

Prinsip Web Usability dalam Desain Blog

Semua bisnis dan organisasi memiliki situs web (website) hari ini. Banyak pula individu yang memiliki website atau blog pribadi untuk personal branding.

Salah satu fungsi website adalah membangun reputasi online atau e-reputation. Reputasi ini berdampak pada kesuksesan bisnis, kepercayaan (trust), dan citra (image).

Namun, dalam ulasan tentang kegunaan web (web usability) kali ini, pertanyaannya bukan lagi apakah Anda memiliki situs web atau tidak. Ini adalah tentang keunggulan kompetitif yang dimiliki situs web Anda dan apa yang membuatnya menonjol dari 1,6 miliar situs web lain di luar sana.

Kemajuan teknologi muncul dengan cepat dan perusahaan-perusahaan dipaksa untuk mengikutinya, apa pun yang diperlukan. Kalau tidak, mereka berisiko diabaikan dan dikalahkan kompetitor.

Untuk menonjol dari hamparan situs web yang berada di Internet, Anda harus fokus pada kegunaan web. 

Pengalaman yang baik dengan situs web akan membuat pengunjung terus datang kembali, dan ini hanya dapat terjadi dengan memenuhi harapan orang dan menghormati seperangkat prinsip kegunaan web. 

Masalah ini dibahas secara rinci di bawah ini oleh tim Amelia kami, jadi, teruskan membaca untuk mengetahui apa kegunaan web, mengapa itu penting, dan bagaimana Anda bisa memperbaikinya untuk situs Anda sendiri.

Mengapa Kegunaan Web Sangat Penting?

Pengguna merasa penting ketika situs web yang mereka kunjungi berfokus pada kebutuhan mereka dan memenuhi harapan mereka. 

Untuk mencapai itu, semua pemilik bisnis harus menganalisis apa yang diinginkan oleh audiens target mereka dan menyesuaikan tingkat kegunaan web dengan persyaratan dan keinginan mereka. 

Calon klien perlu menilai pengalaman pengguna untuk berinteraksi dengan situs web dan menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Kegunaan web adalah satu elemen yang membuat perbedaan antara situs web yang efektif dan yang diabaikan tanpa berpikir dua kali. 

Semua pengunjung perlu memiliki pengalaman yang menyenangkan di situs web untuk terus berinteraksi dengannya, dan desain web yang baik adalah kunci untuk mencapai ini. 

Setiap detail kecil yang ada di situs web, termasuk tombol atau formulir, dapat memengaruhi perasaan pengunjung ketika mereka mengakses situs. 

Tanpa mengumpulkan wawasan signifikan ke pikiran calon pengunjung, Anda tidak akan dapat mencapai tingkat kegunaan situs web yang akan menghasilkan hasil positif dalam jangka panjang.

Jangan Lewati Pengujian

Kegunaan web adalah tentang menguji situs Anda sesering mungkin dan memperhatikan apa yang dapat ditingkatkan. 

Berurusan dengan desain web hanya sekali tidak mungkin ketika Anda memiliki situs web yang Anda ingin mendorong ke atas. 

Beberapa tren baru dalam desain web muncul hampir setiap bulan, dan Anda tidak akan bisa mengikuti semua itu, tetapi Anda harus membuat pengalaman pengguna tetap menarik dan interaktif. 

Itu tidak akan terjadi kecuali Anda menguji situs web secara rutin dan menemukan kesalahan yang dapat diperbaiki atau aspek yang dapat ditingkatkan. 

Melewati langkah ini hanya akan membuat Anda tidak tahu apa yang harus diperbaiki dan dapat mengakibatkan Anda membuat perubahan yang mengganggu kegunaan, bukan meningkatkannya.

Prinsip Web Usability 

Berikut ini beberapa prinsip kegunaan web untuk membantu Anda memulai dengan meningkatkan situs Anda.  Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kasus Anda:

1. 7 +/- 2

Web Anda harus sederhana. George A. Miller sampai pada kesimpulan: orang tidak dapat menyimpan semua informasi yang mereka lihat. Ingatan jangka pendek hanya dapat mempertahankan sekitar lima dari sembilan hal yang dilihat seseorang pada satu waktu. 

Ini adalah batasan biologis otak yang dibuktikan oleh sains. Ingatlah hal ini, ketika berhadapan dengan kegunaan web, Anda perlu membagi informasi menjadi lima hingga sembilan bagian sekaligus. 

Prinsip sederhana ini dapat membantu Anda membuat tata letak situs web yang bagus dan bersih. Ini digunakan di banyak industri selain desain, sehingga Anda dapat dengan aman bergantung padanya.

2. Aturan 2 detik

Web Anda harus cepat. Prinsip sederhana lain yang harus menentukan bagaimana Anda mendesain situs web Anda mengatakan bahwa pengguna tidak mau menghabiskan lebih dari 2 detik menunggu situs web memuat. 

Jika situs web Anda membutuhkan waktu selamanya untuk memuat, jangan heran mengapa Anda tidak memiliki cukup pengunjung. Kegunaan web berkaitan dengan seberapa cepat situs memuat juga, jadi lakukan yang terbaik untuk meningkatkan aspek ini.

3. Aksesibilitas

Mudah dibuka dan dibaca. Salah satu prinsip paling dasar dari desain yang baik adalah mengikutsertakan sebanyak mungkin pengguna, dengan mempertimbangkan bahwa tidak semua orang sama. 

Beberapa pengguna Anda mungkin memiliki cacat atau kondisi seperti buta warna, dan harus berhati-hati ketika memilih skema warna dan bobot font mengingat fakta ini. 

Bahkan untuk orang yang mampu, situs web yang menampilkan font yang samar dan sulit dibaca dapat mematikan secara instan.

4. Kejelasan

Inti dari kegunaan web adalah membuat situs yang jelas. Dengan mengacaukan situs web dan mengisinya dengan segala macam elemen yang tidak relevan bagi pengguna, Anda hanya memperburuk keadaan. 

Alih-alih membuat pengunjung situs Anda bingung dengan menambahkan gangguan pada situs tersebut, cobalah untuk menjaga semuanya tetap jelas dan membimbing pengguna untuk terlibat dalam kegiatan tertentu di dalamnya. 

Kejelasan adalah satu-satunya cara untuk merancang situs web dengan benar dan memberi orang pedoman yang diperlukan ketika menavigasi itu. Berpegang teguh pada prinsip ini, apa pun aturan lain yang Anda pilih untuk Anda hormati.

5. Dapat dipelajari (Learnability)

Orang-orang senang ketika mereka berinteraksi dengan situs web yang secara tradisional dibangun. Karena semua pengguna belajar dari pengalaman masa lalu mereka, mereka menghasilkan harapan tertentu di kepala mereka. 

Cobalah untuk menjaga situs web Anda seintuitif mungkin. Kegunaan web ditingkatkan ketika situs web tidak memerlukan instruksi apa pun atau ketika mudah untuk mencari tahu. 

Learnability mengacu pada membuat desain menjadi intuitif dengan menggunakan elemen-elemen yang sudah dikenal banyak orang.

6. Kredibilitas

Tidak seorang pun akan tetap di situs web yang tidak menginspirasi kepercayaan. Tidak semua situs web terlihat dapat dipercaya dan itu ada hubungannya dengan kegunaan web juga. 

Jika pengguna menemukan banyak kesalahan dan peringatan saat bernavigasi di situs Anda, kecil kemungkinan mereka akan mempercayai situs Anda. 

Untuk membangun kredibilitas, pastikan bahwa situs web Anda telah dibangun secara profesional, bahwa kontennya ditulis dengan baik dan bebas dari kesalahan, dan bahwa tidak ada kesalahan atau tautan yang rusak terletak di sekitar situs tanpa diketahui.

Setiap halaman yang merupakan bagian dari situs web Anda harus memiliki tujuan sejak awal. Karena semua desainer web terbatas dalam ruang, Anda perlu mengklarifikasi apa tujuan dari situs ini. 

Ini memberi pengguna beberapa arahan dan Anda dapat membuat audiens target lebih mudah. Semua elemen yang termasuk dalam situs Anda harus berkontribusi untuk kegunaan web yang sempurna, dipandu oleh tujuan yang jelas.

7. Tujuan (porpose)

Setiap halaman yang merupakan bagian dari situs Anda harus memiliki tujuan sejak awal. Karena semua desainer web memiliki ruang terbatas, Anda perlu mengklarifikasi terlebih dahulu apa tujuan situs tersebut. 

Ini memberi pengguna beberapa arahan dan Anda dapat menetapkan audiens target dengan lebih mudah. 

Semua elemen yang disertakan di situs Anda harus berkontribusi pada kegunaan web yang sempurna, dipandu oleh tujuan yang jelas.

8. CTA

CTA adalah singkatan dari Call to Action atau ajakan bertindak. Misalnya, ajakan untuk download, daftar, membeli, berlangganan, mengisi formulir, dll.

Memberi pengunjung beberapa arahan adalah keharusan mutlak dalam desain kegunaan web. Gunakan CTA untuk itu. 

CTA adalah tombol yang berisi kata kerja tindakan yang mengundang pengunjung situs web untuk melakukan sesuatu. 

Misalnya, situs web eCommerce menyertakan CTA seperti "Beli Sekarang" atau "Hubungi Kami". 

Lakukan hal yang sama di situs web Anda sendiri tetapi cobalah memoderasi penggunaannya. Terlalu banyak CTA dapat membuat situs Anda terlihat spam, sementara sedikit atau tidak ada CTA akan menyebabkan kegunaan yang buruk.

9. Konversi

Buat prioritas dari konversi. Semua situs web harus membuat pengunjung berubah menjadi pelanggan dalam waktu sesingkat mungkin. 

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana lagi dengan situs web Anda, fokuslah untuk meningkatkan jumlah konversi yang dihasilkan situs web Anda di akhir bulan. Ini bisa berupa perubahan warna sederhana pada beberapa elemen atau lainnya yang melakukan trik.

Kesimpulannya

Ketika Anda menyatukan sebuah situs web, Anda perlu memperhatikan detail terkecil, yang semuanya berkontribusi pada tingkat peningkatan kegunaan web. Semakin baik perasaan pengguna di situs web, semakin tinggi peluang untuk mengubahnya menjadi pengunjung biasa. 

Dengan mengikuti sembilan prinsip yang tercantum di atas, Anda tidak dapat gagal. Cari tahu apa yang terbaik untuk situasi Anda sendiri dan mempraktikkannya. (Sumber)

Gunakan Template Blog SEO Friendly untuk blog Blogger Anda. Template ini sudah memenuhi prinsip web usability di atas.

Thanks for reading 9 Prinsip Web Usability dalam Desain Blog, Tidak Asal Bagus! | Labels: Desain Blog edit this post
0 Komentar untuk "9 Prinsip Web Usability dalam Desain Blog, Tidak Asal Bagus!"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top