Salah satu cara buat blog agar tetap banyak pengunjung adalah rajin update atau membuat posting baru setaiap hari. Tapi, ada cara lain agar blog tetap banyak pembaca meski jarang update. Berikut ini tipsnya.

Cara Buat Blog Tetap Banyak Pengunjung Meski Jarang Update


Agar blog atau website banyak pengunjung, pertama-tama pastikan postingan Anda unik, bermanfaat, konten berkualitas, dan cukup banyak.  

    Saat mood blogging Anda bagus, buatlah posting sebanyak-banyaknya. Jangan lupa terapkan SEO. Ide postingan bisa dari mana saja, khususnya dari berita terbaru, trending topic di Twitter, isu yang lagi viral, dan Google Trends.

    Cara Buat Blog Tetap Banyak Pengunjung

    Berikut ini cara membuat blog tetap banyak pengunjung meski jarang update. CB sadur dari Qwords dan sumber lain.

    1. Konten Evergreen 

    Bagi Anda penyuka lagu-lagu nostalgia, istilah evergreen bukan hal asing. Lagu-lagu lama tetap enak didengar. Itu disebut evergreen songs.

    Konten evergreen adalah postingan yang tetap aktual, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. 

    Menurut Digital Marketing Institute, konten evergreen adalah konten yang dioptimalkan untuk pencarian yang terus relevan dan tetap "segar" untuk pembaca dalam jangka waktu yang lama --seperti namanya. 

    "Anda mungkin berpikir bahwa semua konten online berkelanjutan; Lagi pula, posting blog tidak hilang begitu saja setelah Anda mempublikasikannya."

    Konten evergreen disebut juga "konten abadi" dalam pengertian tetap dibutuhkan pembaca dan fresh, meski sudah lama dipublikasikan.

    Contoh konten evergreen adalah tips seputar komputer, penulisan, penggunaan Microsoft Word, atau kalau soal blogging seputar kode-kode desain blog.

    Contoh konten evergreen lainnya adalah tentang pengertian-pengertian, seperti yang ada di situs Wikipedia. Jangan lupa menyebutkan sumber atau referensi karena pastinya kita kutip sana-sini untuk menulis postingan tersebut.

    2. Promosi

    Cara membuat blog tetap banyak pengunjung meski jarang update yang kedua adalah dengan rajin promosi, terutama  melalui media sosial. Jika punya budget, Anda bisa beriklan di Google, media sosial, dan website populer.

    3. Perbarui Konten Lama

    Mungkin Anda pernah dikirim notifikasi oleh Google soal postingan blog Anda yang trafiknya tiba-tiba melonjak? 

    Google mengatakan, salah satu faktor penyebab pembaca sebuah postingan tiba-tiba naik adalah konten Anda diperbarui.

    Nah, jangan malas mengupdate postingan lama dengan data baru dan meningkatkan SEO-nya. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan saat update postingan blog Anda, agar blog tetap banyak pengunjung.

    1. Link Building

    Tips-tips SEO menyebutkan pentingnya memasukkan link dalam postingan, baik link internal maupun link eksternal. 

    Dengan meletakkan internal link di dalam artikel, pengunjung tentu memiliki kesempatan lebih besar untuk melihat tautan menuju artikel lain yang masih relevan.

    Dalam tiap artikel, minimal ada satu tautan yang relevan dengan artikel terkait dalam blog dan satu link eksternal ke website lain, misalnya web sumber. Contoh link building terbaik ada di Wikipedia.

    2. Lengkapi Artikel 

    Artikel lengkap, detail, dan panjang mudah ditemukan Google. Perbarui artikel pendek dengan menambahkan sub-bahasan agar postingan lebih panjang. 

    3. Tambahkan Heading 

    Postingan blog SEO friendly mengandung subheading atau heading tag H1, H2, dan H3. Heading dan sub-heading adalah salah satu parameter yang digunakan oleh robot web crawler milik Google untuk memetakan isi dari website/blog yang Anda kelola.

    Heading 1 sebaiknya hanya satu setiap halaman, sementara Heading 3 (H3) diusahakan lebih banyak dari Heading 2 (H2).

    Dengan demikian, struktur website akan tampak jauh lebih teratur baik di mata Google maupun pembaca.

    4. Kata Kunci 

    Cek artikel lama, apakah kata kunci ada di judul, awal paragraf, subjudul, di tengah artikel, dan di bagian akhir postingan. 

    Menambahkan kata kunci di awal paragraf sebenarnya sudah bukan menjadi rahasia dalam urusan cara membuat artikel yang disukai Google.

    5. Tambahkan  Gambar 

    Menambahkan gambar atau ilustrasi ke dalam artikel merupakan salah satu cara agar tulisan Anda bisa lebih disukai Google.

    Selain itu, visualisasi artikel Anda juga menjadi lebih berwarna dan tidak monoton bersi teks semua.

    Keberadaan gambar serta illustrasi yang unik di sebuah artikel nantinya juga bisa menjadi penyumbang traffic yang lumayan potensial karena Google mengindek file tersebut di halaman pencarian gambar.

    Itu dia cara membuat blog tetap banyak pengunjung, meski jarang update. Semoga berhasil ya. Good Luck and Happy Blogging!

    Post a Comment