Pengertian Workstation

Workstation seorang pemimpin partai politik menjadi sorotan netizen. Pasalnya, workstation tersebut tampak mewah. Banyak peralatan canggih di atas mejanya.


Apa itu workstation? Apakah blogger perlu workstation juga? Berikut ini pengertian Pengertian Workstation.

Pengertian Workstation

Secara bahasa, workstation adalah tempat kerja atau meja kerja. Alat utamanya adalah komputer atau laptop.


Dalam dunia teknologi komputer, workstation adalah salah satu jenis komputer, selain super komputer, mainframe computer, dan work computer


Workstation dikenal sebagai komputer yang digunakan khusus untuk bekerja. 


Menurut Britannica, workstation adalah sistem komputer berkinerja tinggi yang pada dasarnya dirancang untuk satu pengguna dan memiliki kemampuan grafis canggih, kapasitas penyimpanan besar, dan unit pemrosesan pusat yang kuat. 


Workstation lebih mampu daripada komputer pribadi (PC), tetapi kurang canggih daripada server (yang dapat mengelola jaringan besar PC periferal atau workstation dan menangani tugas pemrosesan dan pelaporan data yang sangat besar). 


Istilah workstation juga kadang-kadang dianggap berasal dari "terminal bodoh" (yaitu, yang tidak memiliki kapasitas pemrosesan) yang terhubung ke komputer mainframe.


Kekuatan pemrosesan mentah mereka memungkinkan workstation kelas atas untuk mengakomodasi antarmuka grafis resolusi tinggi atau tiga dimensi, perangkat lunak multitugas yang canggih, dan kemampuan tingkat lanjut untuk berkomunikasi dengan komputer lain. 


Workstation digunakan terutama untuk melakukan tugas-tugas ilmiah dan rekayasa komputasi intensif. Mereka juga mendapat dukungan dalam beberapa aplikasi keuangan dan bisnis yang kompleks. 


Selain itu, workstation kelas atas sering melayani jaringan PC "klien" yang terpasang, yang menggunakan alat dan aplikasi tetap untuk mengakses dan memanipulasi data yang disimpan di workstation.


Penggambaran utama antara PC dan workstation secara tradisional adalah grafis canggih dan kemampuan pemrosesan data. Tetapi antarmuka grafis canggih dan mikroprosesor PC kelas atas yang kuat dapat membuatnya hampir tidak dapat dibedakan dari workstation kelas bawah.

Bagaimana workstation seorang blogger?

Tentu tidak harus mewah. Komputer atau laptop standar aja cukup, asalkan cukup cepat, tidak berkinerja lambat, sehingga lancar dalam blogging.

Yang jelas, blogger juga butuh workstation memadai. Blogging tidak hanya menulis, tapi juga mengedit gambar, desain grafis, mungkin juga membuat infografis dan video.

Demikian pengertian workstation. Salah satu jenis komputer dan meja kerja dengan alat utama komputer canggih.*

Post a Comment