Saat memilih nama domain, usahakan memilih ekstensi domain dot com (.com) karena .com merupakan terpopuler, user friendly, dan... SEO friendly! Google menyukai domain .com karena tertua dan terbesar.

Nama Ekstensi Domain Terbaik SEO


Setiap orang memiliki pendapat, tetapi tidak pernah ada eksperimen yang baik yang membandingkan kinerja ekstensi domain. Sampai sekarang.

Namun, dari eksperimen dengan 1.500 orang untuk mengetahui bagaimana reaksi mereka terhadap delapan ekstensi domain populer (domain level teratas): .com, .net, .org, .co, .biz, .us, .blog, dan .io maka .com menjadi yang terbaik.

Ringkasan temuan utama
  • Domain .com lebih dari 33% lebih mudah diingat daripada URL dengan domain level teratas lainnya.
  • .com adalah TLD paling tepercaya # 1, dengan .co di posisi kedua.
  • Saat orang salah mengingat URL, mereka 3,8 kali lebih mungkin menganggapnya diakhiri dengan .com daripada yang lainnya.
Saat membuat situs web Anda, pilihan ekstensi domain Anda, atau TLD, penting karena dapat memengaruhi kinerja SEO Anda.

Di sisi lain, survei baru dari Moz menunjukkan, ekstensi domain berdampak kecil pada peringkat website atau blog Anda. 

Fitur-fitur seperti kata kunci tingkat domain dan ekstensi domain memiliki korelasi rendah dengan peringkat pencarian, tetapi fitur-fitur tersebut tetap ada. 

Studi tersebut telah mengumpulkan jawaban dari lebih dari 150 profesional pemasaran pencarian dan mengumpulkan informasi sebagai bagian dari studi korelasi besar.

Ekstensi domain .com tradisional tampaknya memiliki lebih dari 500 pesaing, tidak semuanya sekuat tetapi tetap saja.

Apakah ekstensi domain memengaruhi SEO?


Karena survei di atas menyatakan bahwa ekstensi domain berdampak rendah pada SEO Anda, dampak sebenarnya dari TLD belum dapat dipastikan. Tapi inilah yang kami ketahui:

  • Pilihan TLD cukup luas, dari ekstensi yang didedikasikan untuk negara, hingga yang untuk area industri atau yang menarik (seperti .pizza misalnya!)
  • Kualitas situs masih menjadi faktor peringkat pertama dan ekstensi domain tidak akan memiliki peluang menjadi lebih penting
  • Perluasan negara bisa menjadi pilihan cerdas jika Anda mengembangkan bisnis Anda hanya di negara ini. Ini dapat mendukung strategi SEO Anda
Google telah mengkonfirmasi bahwa ekstensi domain baru tidak akan menawarkan keunggulan peringkat dibandingkan domain .com atau .org tradisional. 

Tapi anggap saja itu bisa memiliki pengaruh tidak langsung seperti yang akan kita lihat di bawah

  • Studi Moz menunjukkan bahwa ekstensi .org bekerja lebih baik daripada ekstensi seperti .edu atau .biz dan sedikit lebih tinggi dari .com
  • Ekstensi domain .com sejauh ini merupakan akhiran domain yang paling banyak digunakan dan berharga. 
  • Terus terang, Google condong ke situs web dengan TLD .com.

Meskipun bisnis mungkin bertanya-tanya mengapa .com masih diberikan begitu banyak otoritas oleh Google. Jawabannya ada dalam interaksi manusia dengan mesin pencari. Kefasihan kognitif lebih menyukai domain level teratas (TLD) yang mudah dan familier.

Situs web dengan nama domain bisnisanda.com kemungkinan akan diberikan otoritas lebih oleh Google daripada bisnisanda.co.uk atau bisnisanda.bisnis karena pengguna lebih cenderung mengetikkan bisnisanda.com daripada bisnisanda.co.uk atau TDL lainnya untuk hal tersebut.

Meskipun berbagi tanggal lahirnya dengan sufiks seperti .net dan .org, .com telah menjadi ekstensi domain default, dan karenanya yang paling berkesan. Inilah, pada dasarnya, mengapa .com adalah ekstensi domain terbaik untuk SEO.

Karena domain .com adalah yang paling kuat, mereka menjadi lebih populer. Seperti pelat nomor khusus atau makanan mode baru, hal ini telah meningkatkan persaingan untuk domain .com terbaik. 

Banyak domain .com sekarang hanya tersedia dengan harga premium, atau sudah diambil alih, yang berarti menemukan domain .com ideal Anda bisa jadi sulit.

Demikian Nama Ekstensi Domain Terbaik untuk SEO. Usahakan pilih .com (dot com). Jika terpaksa memilih yang lain, maka pilihannya adalah .co, .id, .net, dan .org, dan lebih bagus lagi or.id (lembaga/organisasi) atau co.id (perusahaan/bisnis).

Siap memilih nama domain terbaik untuk SEO? Anda bisa memilih nama domain dan ekstensinya yang murah di Niagahoster. Selalu ada diskon di sana.

Referensi Best Domain Extensions
  • https://growthbadger.com/top-level-domains/
  • https://www.oncrawl.com/oncrawl-seo-thoughts/the-impact-of-domain-extension-on-your-seo/
  • https://novanym.com/pages/why-com-is-the-best-domain-extension-for-seo

Post a Comment