Digitalisasi sudah masuk ke dunia penyiaran televisi. Berikut ini Cara Mendapatkan Siaran TV Digital.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut sejumlah televisi saat ini sudah bisa untuk menikmati siaran digital. 

Beberapa Lembaga penyiaran swasta (LPS) telah menggelar siaran analog dan digital secara bersamaan (siaran simulcast) sebagai persiapan menuju Analog Switch Off (ASO) November 2022. 

Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Geryantika Kurnia mengatakan beberapa televisi yang diproduksi pada 2010 ke atas, diyakini telah dapat mengoperasikan siaran digital dan analog secara bersamaan (ASO).

Apa itu TV Digital?

Televisi digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menayangkan siaran sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Pada sistem penyiaran TV analog, satu kanal frekuensi digunakan untuk menyalurkan satu program siaran TV. Sementara pada sistem penyiaran digital DVB-T2, satu kanal frekuensi mampu membawa hingga 12 program siaran standard definition (SDTV).

Apakah Butuh Internet dan Antena?

Apakah ada antena TV khusus untuk siaran digital? Untungnya tidak. Antena yang ada saat ini, baik itu indoor atau outdoor, sudah bisa digunakan untuk siaran TV digital juga. 

Yang harus diperhatikan adalah rentang frekuensi yang didukung oleh antena.

Tidak diperlukan koneksi internet. Untuk sinyal TV Digital yang kuat, cukup gunakan antena TV indoor. Gunakan antena TV indoor yang bisa menangkap sinyal frekwensi VHF dan UHF.

Untuk dapat menikmati siaran televisi digital, hanya diperlukan antena ultra high frequency (UHF) serta perangkat televisi yang selama ini digunakan.

Bagaimana Nasib TV Analog?

Dilansir Kompas, diperlukan alat khusus untuk membuat TV analog dapat menayangkan siaran TV digital. 

TV digital tetap bisa ditayangkan di TV analog produksi lama, seperti TV tabung. Hanya saja, memerlukan dekoder untuk mengubah sinyal digital yang diterima antena menjadi sinyal analog yang ditampilkan di TV analog.

Alat berupa dekoder yang membuat TV analog dapat menayangkan siaran TV digital disebut dengan set top box (STB). Harga STB dekoder saat ini di situs jual beli online dibanderol sekitar Rp 200.000.  

Ke depan harga dekoder set top box akan semakin terjangkau, hingga kisaran hanya Rp 100.000 per unitnya. 

Setelah memakai dekoder, masyarakat tidak perlu berlangganan lagi untuk dapat menerima siaran televisi.  

Bagi penduduk miskin, Gery mengatakan, pemerintah akan memberikan subsidi agar dapat mendapatkan bantuan set top box. 

Bagi pengguna TV parabola dan TV kabel, adanya migrasi TV analog ke TV digital ini tak akan banyak berpengaruh. Untuk rumah tangga yang menggunakan TV parabola dari satelit atau TV kabel tidak akan terpengaruh perubahan ini.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital

Berikut ini cara mengaktifkan siaran TV digital.

1. Pengaturan Remote

Pengguna televisi digital pertama-tama harus masuk ke pengaturan dengan menekan tombol bertuliskan menu pada remote. 

2. Pencarian Otomatis

Kemudian masuk ke pengaturan kanal dan menekan pencarian otomatis. 

Bagi televisi yang telah mendukung siaran digital, akan muncul ‘pencarian otomatis ATV+DTV’, setelah ditekan televisi secara otomatis akan memindai seluruh kanal siaran analog dan digital.

Itu dia Cara Mendapatkan Siaran TV Digital sebagaimana dilansir Bisnis.*


Post a Comment