August 12, 2021

Pengertian Rich Results atau Rich Snippets dan Pengaruhnya bagi SEO Blog

August 12, 2021

Pengertian Rich Results atau Rich Snippets

Rich snippets (cuplikan kaya) atau rich results (hasil kaya) adalah elemen penting bagi sebuah website atau blog. Berikut ini Pengertian Rich Results atau Rich Snippets dan pentingnya bagi SEO.


Dulu, banyak blogger "disibukkan" dengan masalah data terstruktur (structured data), jika hasil pengujian di Structured Data Test ada atau banyak error. 


Kini, Google mengabaikan data terstruktur (structured data) dalam pemeringkatan (ranking). Halaman Structured Data Testing Tools pun sudah berubah. CB sudah bahas hal ini di postingan tentang Schema Markup.


Google menyarankan kita memulai dengan Pengujian Hasil Kaya (Test Rich Result) untuk melihat hasil kaya Google apa yang dapat dihasilkan untuk halaman Anda. Silakan tes blog Anda di sana. Bagaimana hasilnya?


Di halaman itu, Anda akan ditanya: "Does your page support rich results?" Lalu, apa sih rich results atau hasil kaya?


Pengujian Hasil Kaya


Pengertian Rich Results atau Rich Snippets

Rich Snippet atau rich results adalah potongan beberapa baris teks yang mempunyai nilai lebih (informasi tambahan) yang ditampilkan di setiap halaman hasil pencarian (SERP( berdasarkan permintaan pengunjung, serta sesuai dan masih relevan atau berhubungan dengan apa yang mereka tulis pada kolom pencarian (Google Search).


Menurut Google, hasil kaya adalah pengalaman di platform Google, seperti Penelusuran, yang melampaui tautan biru standar. Hasil kaya dapat menyertakan carousel, gambar, atau elemen non-tekstual lainnya.


Menurut Backlinko, rich results atau rich snippets adalah hasil pencarian Google normal dengan data tambahan yang ditampilkan. 


Data tambahan ini biasanya diambil dari Data Terstruktur yang ditemukan di HTML halaman. Jenis Cuplikan Kaya yang umum mencakup ulasan, resep, dan acara.


Sebagian besar hasil penelusuran Google menampilkan 3 data yang sama:

  1. Label judul
  2. Deskripsi meta
  3. URL

Ini contoh rich results atau rich snippet di halaman hasil pencarian Google.

Rich Results atau Rich Snippets

Google mendapatkan data rich results dari markup terstruktur (seperti schema) di HTML halaman blog Anda.

Meskipun beberapa orang berpikir bahwa menggunakan Data Terstruktur dapat meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, Google telah keluar dan mengatakan bahwa menggunakan Data Terstruktur bukanlah sinyal peringkat.


Menurut Yoast, rich results ada di mana-mana. Bertahun-tahun yang lalu, mesin pencari menyajikan hasil pencarian tanpa banyak hiasan. 


Saat ini, hasil pencarian terlihat sangat berbeda, terutama di seluler. Kita melihat informasi tambahan di bawah tautan, ditambah beberapa blok besar konten yang kaya — seringkali visual atau berorientasi aksi —, tergantung pada apa yang Anda cari. 


Rich results atau hasil kaya adalah merek khusus dari hasil pencarian — dibuat untuk menonjol dan membantu pengguna mencapai tugas mereka atau mendapatkan jawaban mereka dengan lebih cepat. 


Hasil ini berkisar dari komidi putar resep hingga antarmuka lengkap dari hal-hal seperti pekerjaan dan penerbangan. 


Mesin pencari memperluas jumlah subjek yang memicu hasil kaya. Ditampilkan dalam hasil kaya sangat bermanfaat karena terletak di posisi yang disebut nol.


Snippet atau cuplikan adalah hasil pencarian individu dengan garis hitam teks di bawah judul. Di sini Anda akan membaca sepotong teks yang memperkenalkan hasil pencarian.


Hasil pencarian kaya adalah hasil yang menonjol karena pemformatan atau lokasi di layar. Hasil kaya adalah istilah umum yang digunakan mesin pencari untuk menggambarkan bagian dari hasil pencarian yang memiliki presentasi yang disorot.


Mesin pencari mencari cara terbaik dan tercepat untuk mendapatkan jawaban dari pengguna. Misalnya, jika Anda mencari produk, Anda mendapatkan hasil kaya yang berorientasi pada produk seperti ulasan dan ketersediaan. 


Sementara jika Anda mencari film terbaru tertentu, Anda melihat di mana film itu diputar dan bahkan memungkinkan Anda memesan tiket segera.

Cara Memasang Kode Rich Results

Dulu kita memasang kode structured data cukup rumit. Kini sangat mudah. Kita disarankan memasang kode JSON-LD. 


CB sudah share dua kode schema markup untuk rich snippets ini, dan cara pemasangannya. Silakan buka Kode Schema Markup BlogPosting dan NewsArticle.


Good Luck and Happy Blogging!



Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Rich Results atau Rich Snippets dan Pengaruhnya bagi SEO Blog

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *