August 11, 2021

Perbedaan Blog dan Website

August 11, 2021

Perbedaan blog dan website yang utama adalah terkait kepemilikian dan konten. Blog adalah bagian website atau salah satu jenis situs web.

Perbedaan Blog dan Website

Banyak pengguna internet, termasuk blogger, mencari tahu tentang perbedaan blog dan website. Apakah blog termasuk website dan sebaliknya? Apa sebenarnya blog? Apa itu website?

Secara ringkas dapat dikemukakan, blog adalah salah satu jenis situs web. Semua blog merupakan website atau situs web atau bagian dari website. Namun, tidak semua website disebut blog karena blog adalah website jenis khusus.

    Pengertian Blog

    Umumnya, blog adalah website pribadi untuk personal branding, berbagi pengalaman dan pengetahuan, sebagai "buku harian online" (online diary), tapi juga bisa sebagai sarana jualan online atau toko online.

    Blog biasanya dibuat secara gratis di platform blogging seperti Blogger atau WordPress, atau menggunakan nama doman dan hosting sendiri, namun menggunakan Content Management System (CMS) gratis seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll. 

    CMS adalah software atau sistem yang membangun sebuah website dan mengatur kontennya, termasuk halaman depan, header, footer, sidebar, navigasi menu, dll.

    Dulu sering disebutkan, satu-satunya perbedaan antara blog dan jenis situs web lainnya adalah bahwa blog diperbarui secara teratur dengan konten baru, yang ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik (posting blog baru terlebih dahulu).

    Tapi kini, situs berita pun banyak mirip blog dengan menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman depan. 

    Lihat saja tampilan simple situs CNN Indonesia, CNBC Indonesia. atau Detikcom yang mirip blog (urutan kronologis terbalik dengan berita terbaru di bagian atas).

    Blog sering juga didefinisikan sebagai jenis website dengan konten tentang topik tertentu. Konten ini dapat disebut sebagai “posting blog” atau “artikel blog”.

    Konten blog atau posting blog dapat berisi semua jenis informasi. Bisa berupa berita, artikel, tips, tutorial, list, koleksi dan lain sebagainya.

    Sebuah blog bisa menjadi situs web itu sendiri atau termasuk dalam sebuah situs web. Misalnya, Blog Tokopedia adalah blog yang termasuk dalam situs marketplace Tokopedia. 

    Pengertian Website

    Website sendiri adalah halaman di internet yang dapat diakses dengan bantuan alamat web atau URL website yang Anda masukkan pada web browser seperti “www.contohblog.com“.


    Sebuah website, termasuk blog, biasanya terdiri dari sebuah homepage (halaman depan, front page).  Sebagian besar detail penting dari situs web disajikan di halaman ini. 

    Berbagai elemen website, seperti header, footer, opsi menu, tombol, bagian posting, dan sebagainya digunakan untuk menampilkan detail konten web. 

    Dari perspektif teknis, blog dan website itu serupa. Anda bahkan dapat mengatakan bahwa mereka hampir sama. Blog dan website juga sama-sama media online.

    Perbedaan Blog dan Website

    Perbedaan utama blog dan website adalah kepemilikian dan konten. 
    • Blog biasanya milik pribadi dan berisi tulisan pemilik blog.
    • Website biasanya milik lembaga, instansi, atau perusahaan, dan dikelola oleh sebuah tim --biasanya tim humas, tim media, atau tim marketing.
    Dari segi konte, jenis-jenis website antara lain situs berita, markeplace, e-commerce/online store, situs mesin mencari (Google, Bing, Yahoo, dll.), media sosial (Facebook, Twitter, Youtube, dll.), website instansi atau pemerintahan (bandung.go.id, pajak.go.id), situs web perusahaan, dan sebagainya.

    Mirip dengan pepatah “Semua Apel adalah buah, tetapi tidak semua buah adalah apel,” maka semua blog adalah situs web, tetapi tidak semua situs web adalah blog.

    Website dapat berupa kumpulan halaman web apa pun dengan berbagai jenis konten yang dapat ditemukan di internet. 

    Konten yang ditambahkan di situs web dapat berupa teks, gambar, video, atau jenis informasi ilustratif lainnya.

    Informasi yang disajikan di situs web tidak sering diperbarui seperti blog. Namun, mereka diperbarui kapan pun diperlukan setelah beberapa saat dari administrasi situs web.

    Sejarah Website

    Website telah ada di sini selama lebih dari 25+ tahun dan telah berkembang sangat jauh sejak penemuannya. 

    Semuanya dimulai pada tahun 1991 ketika situs web pertama, CERN, ditayangkan yang sepenuhnya berbasis teks. Tag yang digunakan hanyalah tag <table> dari HTML karena belum banyak dikembangkan saat itu.

    Namun, dengan perkembangan mesin pencari pertama, ALIWEB, dan halaman arahan pertama MTV, semakin baik untuk situs web. Dengan peningkatan lebih lanjut JavaScript untuk pop-up dan Flash untuk animasi web, orang-orang mulai membangun situs web yang lebih kreatif.

    Pasar online seperti Amazon lahir pada tahun 1994. Ini benar-benar akan membentuk masa depan situs web eCommerce.

    Demikian pula, peluncuran Google pada tahun 1998 melihat sebuah revolusi dalam sejarah situs web. Transaksi online juga dimungkinkan dengan mudah setelah peluncuran PayPal pada tahun 2000. Sekarang, internet dan situs web mulai terasa seperti yang kita gunakan saat ini.

    Kemudian, WordPress mengambil alih industri blogging pada tahun 2003 dan banyak blog mulai muncul di internet. Kemudian, orang-orang mulai melihat lebih banyak potensi situs web dan juga membuat situs-situs inovatif seperti YouTube, MySpace, dan Facebook.

    Banyak bisnis-atau situs web yang berorientasi juga dapat dilihat sejak tahun-tahun awal situs web itu sendiri. 

    Mereka sangat efektif dalam mempromosikan bisnis mereka dan praktik ini berlangsung dengan inovasi luar biasa dari pembuat situs web selama beberapa dekade. Oleh karena itu, kami akhirnya melihat situs web dan internet seperti sekarang ini.

    Sejarah Blog 

    Tahap awal blog dimulai pada tahun 1994 dari situs bernama links.net yang dibuat oleh Justin Hall. Itu hanya situs web sederhana yang dibuat dengan HTML yang digunakan untuk merilis beberapa catatan pribadinya.

    Kemudian pada tahun 1997, istilah untuk blog mulai populer sebagai “weblog”. Sampai tahun 1999 dunia mulai menyebut istilah “blog”. Itu adalah tahun yang sama ketika peluang blogging meningkat dengan peluncuran platform blogging seperti Blogger dan LiveJournal.

    Sejarah blog akan berlanjut dengan perkembangan mesin pencari blog pada tahun 2000 dan Google Adsense pada tahun 2002. 

    Kemudian, setelah peluncuran WordPress pada tahun 2003, industri blogging mengalami revolusi yang meningkat secara signifikan. Sejak itu, banyak platform blogging dikembangkan dan blog segera berevolusi dan dimodernisasi menjadi apa yang kita lihat seperti saat ini.

    Demikian ulasan singkat tentang Perbedaan Blog dan Website, disertai pengertian dan sejarah singkat keduanya. (Sumber: Theme Grill, My Theme Shop).*

    Previous
    « Prev Post
    Author Image

    CB Blogger

    Recommended Posts

    Related Posts

    Show comments
    Hide comments

    2 comments on Perbedaan Blog dan Website

    1. In what ways do the structure and content of a blog differ from those of a traditional website? greeting : Telkom University

      ReplyDelete
    2. blog adalah website pribadi untuk personal branding, berbagi pengalaman dan pengetahuan, sebagai "buku harian online" (online diary), tapi juga bisa sebagai sarana jualan online atau toko online.

      Link

      ReplyDelete

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *