August 18, 2021

Pengertian Domain .ID vs .COM, Bagus Mana buat SEO?

August 18, 2021

Domain .ID vs .COM, Bagus Mana buat SEO?
Domain COM vs ID (Foto: Sitebeat)


Ekstensi domain .com terdengar lebih umum dan mudah diingat dibandingkan .id. Jadi, mana lebih bagus? Berikut ini ulasan singkat perbandingan .id vs .com.

Topik bahasan soal .id vs .com ini mungkin bisa jadi pertimbangan bagi blogger yang mau Custom Domain, yaitu mengganti nama domain gratis di Blogger (Blogspot) dengan nama nomain sendiri. 

Contoh Custom Domain: mengubah alamat blog www.contohblognih.blogspot.com menjadi www.contohblog.com.



    Sebelumnya kita bahas dulu pengertian domain atau nama domain (domain name) dan ekstensi domain (domain extention).

    Pengertian Domain

    Mengutip Wikipedia, doman atau nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti server web atau server surel (email), di jaringan komputer ataupun internet.

    Ibarat alamat rumah, domain adalah alamat situs web (website) atau blog. Nama domain diikuti sebuah "akhiran" yang disebut ekstensi domain (domain extention), seperti .com (dot com), .id (dot id), .net, .org, .go.id, .co.id, dan sebagainya. 

    Nama domain atau alamat web ini menggunakan atau tampil di browser dengan huruf kecil semua:
    • Contoh nama domain: contohblog
    • Contoh ekstensi domain: .com
    • Nama domain lengkap: contohblog.com
    Domain memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses website. Website pribadi (blog) biasanya menggunakan nama domain dengan namanya sendiri, baik nama asli maupun nama panggilan. Contohnya: neilpatel.com, romeltea.com.

    Demikian pula, website lembaga biasanya memilih nama domain yang sama dengan nama lembaganya. Contohnya: bandung.go.id (website Pemerintah Kota Bandung), unilever.com, katalisnet.com, niagahoster.com, dll. 

    Kelebihan Domain .COM

    Menurut berbagai sumber, setidaknya yang CB baca hasil Googling, kebanyakan website menggunakan domain .com. 

    Makanya, .com lebih populer dibandingkan ekstensi domain lainnya, dan lebih familiar dengan pengguna internet.

    Lalu, apa artinya .com?

    Menurut laman Domain, Kata com dalam ekstensi domain .com (dot com) adalah kependekan dari commercial (komersial). Dot com sejauh ini merupakan ekstensi yang paling banyak digunakan.

    Contoh website dengan domain .com: contohblog.com, detik.com, liputan6.com, suara.com.

    Awalnya, domain .com ditujukan untuk domain yang terdaftar pada organisasi komersial atau bisnis. Namun, semua jenis website bisa menggunakan .com, dan pengguna internet pun lebih akrab dengan .com dibandingkan ekstensi domain lainnya.

    Dengan demikian, kesimpulannya, ketika Anda mencari atau memilih nama domain, utamakan memilih domain .com. 

    Namun, jika organisasi resmi, sebaiknya memilih domain .org (organisasi) atau .or.id (organisasi Indonesia). 

    Jika domain .com tidak tersedia, sudah digunakan web lain, maka alternatif terbaik menurut CB adalah menggunakan domain .id (dot id). ID di sini singkatan dari Indonesia.

    Kelebihan Domain .ID

    ID dalam domain .id artinya Indonesia. Ekstensi domain ini disebut Domain Country atau nama domain khusus asal negara website.

    Istilahnya: country code top-level domain (ccTLD) atau domain tingkat tinggi kode negara. Jadi, .id adalah nama domain berdasarkan asal negara, seperti halnya .co.uk (Inggris), .jp (Jepang), dll. Lihat Domain Coutry List.

    Contoh website dengan domain .id: contohblog.id, kompas.id, republika.id

    Domain .id adalah nama website khas Indonesia, meskipun luar Indonesia pun bisa menggunakannya.

    Dilansir CNN Indonesia, domain .id pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2014. Kini pengguna domain .id meningkat secara signifikan. 

    Saat ini nama domain mengalami pergeseran makna, menjadi sesuatu yang sangat penting dan bernilai.

    Alasan lain yang membuat meningkatnya domain .id adalah kemudahannya. Pendaftaran domain .id kini semakin mudah karena tidak lagi memerlukan unggahan dokumen. Dulu, membeli domain .id harus menggunakan KTP atau lampiran identitas.

    Domain .id juga populer karena sangat cocok untuk pengguna baik di dalam negeri maupun luar negeri. Baik untuk kebutuhan personal, perusahaan, organisasi, dan lain-lain. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya.

    Alasan lain, menurut CB nih, kemungkinan .id banyak pengguna, juga karena domain .com sudah tidak tersedia (sudah digunakan orang lain), maka pilih .id, betul?

    Perbedaan .id dengan .com

    Sebenarnya perbedaan .id dengan .com sudah jelas dari ulasan di atas. Berikut ini perbedaan selengkapnya yang dikutip dari Exabytes.

    1. Hak Kepemilikan

    Domain .COM merupakan domain yang bersifat internasional. Domain .COM dapat dimiliki oleh siapa saja di seluruh dunia. Hal tersebut tidak dibatasi oleh bentuk perusahaan, bahkan individu saja bisa memiliki ekstensi domain .COM.

    Domain .ID merupakan Country-Code Top Level Domain (cc-TLD). Oleh karena itu, ekstensi domain ini hanya bisa dimiliki website yang ada di Indonesia saja. Ekstensi domain ini pun terbatas dalam hal kepemilikan. Pihak yang diperbolehkan menggunakan ekstensi domain .ID adalah pihak-pihak yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. 

    Misalnya ekstensi domain .GO.ID hanya boleh dimiliki oleh lembaga pemerintah di Indonesia, .SCH.ID atau .AC.ID hanya boleh dimiliki oleh lembaga pendidikan atau akedemik baik formal maupun non-formal.

    2. Jangkauan

    Domain .COM memiliki jangkauan yang luas. Ekstensi domain ini dapat diakses siapa saja dari seluruh dunia. Domain ini memiliki skala internasional. 

    Sedangkan domain .ID merupakan domain khusus negara Indonesia. Ekstensi domain ini hanya bisa digunakan dengan skala lokal yaitu Indonesia saja. Domain ini pun terjaga keamanannya karena dijaga secara eksklusif oleh pemerintah. 

    3. Syarat bagi Pembeli Domain

    Pembeli domain .COM tidak diberikan syarat atau ketentuan apapun. Hal tersebut berarti semua pihak dengan mudah memiliki domain .COM. 

    Sedangkan untuk pembeli domain .ID, syarat dan ketentuan yang diminta beragam. Mulai dari paspor, akta, SIUP, akta notaris, dan semacamnya tergantung dari ekstensi domain .ID mana yang ingin kamu miliki.

    4. Search Engine Optimization (SEO)

    Domain .COM memberikan informasi ke mesin pencarian, khsususnya Google, bahwa website Anda bersifat netral. Sehingga dapat diakses di mana saja di seluruh dunia.

    Sedangkan untuk domain .ID akan memberikan informasi ke mesin pencarian bahwa website berasal dari Indonesia, atau berbahasa Indonesia, dan ditujukan kepada lokasi/negara tertentu (Indonesia).

    Jiia website Anda menggunakan ekstensi domain .ID dan seseorang melakukan pencarian yang berhubungan dengan perusahaan Anda, maka website Anda bisa masuk ke jajaran peringkat atas pencarian. 

    Hal tersebut disebabkan oleh sistem Google yang berusaha memberikan hasil relevan dan terdekat dengan lokasi pengguna.

    Mana yang Lebih Bagus buat SEO?

    Jadi, mana yang lebih bagus buat SEO?

    Dari sisi SEO, menurut yang CB baca di berbagai sumber, nama domain tidak terlalu pengaruh buat SEO. 

    Nama domain hanya berpengaruh buat pengguna. Karenanya, usahakan pilih nama domain yang ringkas, mudah diingat, mudah diucapkan, dan mudah ditulis (diketik).

    Itu dia pengertian, perbedaan, sekaligus perbandingan domain .ID vs .COM. Pilihan tentu di tangan Anda. Good Luck and Happy Blogging!

    Previous
    « Prev Post
    Author Image

    CB Blogger

    Recommended Posts

    Related Posts

    Show comments
    Hide comments

    No comments on Pengertian Domain .ID vs .COM, Bagus Mana buat SEO?

    Post a Comment

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *