January 31, 2022

TikTok vs YouTube, Bagus Mana?

January 31, 2022

TikTok vs YouTube


TikTok sangat fenomenal. Platform berbagi video asal China ini kian digemari. YouTube pun menambahkan fitur mirip TikTok, Shorts. Instagram bikin Reels. 

Semuanya untuk memfasilitasi pengguna mengunggah video pendek yang sangat disukai pengguna internet. Mana yang lebih bagus, TikTok, Shorts, atau Reels? Khusus TikTok vs YouTube, Bagus Mana?

TikTok melayani video pendek yang rata-rata sekitar satu menit, sedangkan video YouTube bisa berdurasi berjam-jam!

YouTube adalah pemenang yang jelas untuk jenis konten yang ditawarkan di kedua platform. TikTok hanya melayani satu jenis pemirsa, dan itu tidak cukup untuk meningkatkan YouTube.

Sebuah laporan baru menemukan TikTok milik Bytedance dengan cepat menyalip YouTube sebagai platform video terkemuka di dunia. 

Di Amerika Serikat, aplikasi ByteDance pertama kali mengambil alih YouTube pada Agustus tahun lalu, dan pada Juni 2021, penggunanya menonton lebih dari 24 jam konten per bulan, dibandingkan dengan 22 jam 40 menit di YouTube.

YouTube vs TikTok: Mana yang Lebih Baik?

YouTube dan TikTok adalah platform video, tetapi keduanya sangat berbeda. Sebagai pemirsa yang mencari pengalaman terbaik, mana yang harus Anda gunakan?

YouTube dan TikTok adalah dua platform video yang paling banyak digunakan, dan keduanya terus bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. 

Jadi, mana yang menguntungkan Anda sebagai pemirsa dengan membuat Anda tetap terhibur dan menghadirkan konten berkualitas tinggi yang konsisten?

Mari kita bandingkan YouTube dan TikTok dalam berbagai kategori dan dinobatkan sebagai pemenang.

YouTube vs TikTok: Rentang Konten

Gulir konten di TikTok dan YouTube dan Anda akan melihat perbedaannya dengan cepat. TikTok melayani video pendek yang rata-rata sekitar satu menit, sedangkan video YouTube bisa berdurasi berjam-jam.

TikTok memperluas durasi maksimum video menjadi sekitar tiga menit, tetapi kali ini tidak memungkinkan pembuat konten di platform untuk memberikan konten yang mendalam. Mereka malah fokus untuk menghibur orang agar mereka terus menelusuri lebih banyak video.

Pembuat konten YouTube memiliki lebih banyak kebebasan untuk membuat jenis konten apa pun yang mereka inginkan. Anda akan menemukan video yang dirancang untuk menghibur, tetapi Anda juga dapat menemukan konten pendidikan atau bahkan film berdurasi penuh.

Untuk pemirsa, rentang konten yang lebih besar yang disediakan YouTube mengarah pada pengalaman yang lebih baik di platform. 

Anda tidak dibatasi pada satu jenis konten tertentu dengan batas waktu tertentu; Anda dapat menggunakan platform untuk mencari topik pilihan apa pun dalam jangka waktu yang berbeda.

YouTube adalah pemenang yang jelas untuk jenis konten yang ditawarkan di kedua platform. TikTok hanya melayani satu jenis pemirsa, dan itu tidak cukup untuk meningkatkan YouTube.

Pemenang: YouTube

YouTube vs TikTok: Kemudahan Penggunaan


YouTube telah ada sejak 2005, jadi Anda akan berpikir bahwa perusahaan akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik daripada TikTok. Tetapi, bukan itu masalahnya.

Sebagai platform yang lebih muda dan lebih mudah beradaptasi, TikTok lebih mulus dalam pengalaman menontonnya. Platform ini membuat percikan dari awal ketika mulai memutar video segera ketika Anda membuka aplikasi. Itu juga membuat video seukuran layar.

Perubahan desain ini memisahkannya dari platform lain dan mereplikasi pengalaman seperti TV. Video terus diputar dan yang perlu Anda lakukan hanyalah menggesek saluran untuk menemukan sesuatu yang berbeda.

Selain itu, semua fitur lain, seperti komentar dan berbagi, ditampilkan di video itu sendiri. Kecuali, alih-alih layar terasa sempit, ikon mendorong Anda untuk terlibat dengan video itu sendiri dan menjadi bagian dari pengalaman.

YouTube tampaknya agak ketinggalan zaman dibandingkan dengan TikTok. 

Anda masih perlu mengetuk video tertentu untuk melihatnya, dan Anda harus mengetuk lagi hanya untuk layar penuh video. Belum lagi, memutar video yang berbeda berarti harus keluar dari layar penuh dan kemudian mencari melalui daftar opsi.

TikTok yang lebih muda lebih mahir mengikuti perkembangan zaman dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pemirsa daripada YouTube.

Pemenang: TikTok

YouTube vs TikTok: Iklan

Iklan TikTok tidak terintegrasi ke dalam platform seperti halnya iklan YouTube. Karena videonya sangat pendek, TikTok tidak menjalankan iklan di video itu sendiri.

YouTube memungkinkan pembuat konten untuk menempelkan iklan berdurasi beberapa kali dalam video yang sama. Ini mengarah pada pengalaman pengguna yang buruk karena iklan mengganggu konten pada waktu yang canggung. Ada juga iklan saat Anda menggulir dan mencari konten.

TikTok belum memiliki iklan yang terlalu jenuh—belum. Cukup muda sehingga belum diambil alih oleh iklan, jadi kontennya masih di depan dan di tengah. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak melihat konten yang diiklankan, karena banyak influencer bekerja sama dengan perusahaan untuk mempromosikan produk.

Namun, yang dimaksud adalah pengalaman menonton secara keseluruhan lebih baik di TikTok. Anda tidak merasa dibanjiri iklan saat mencoba menonton konten favorit Anda.

Pemenang: TikTok

YouTube vs TikTok: Kualitas Konten

Cara orang membuat konten di setiap platform pada akhirnya memengaruhi cara Anda melihat setiap platform. TikTok condong relatif muda dibandingkan dengan YouTube.

TikTok, dengan video pendek dan pengalaman mengunggah yang mudah, menarik bagi generasi muda. 

Orang yang memiliki kamera ponsel cerdas dapat langsung start saluran TikTok dan kualitasnya akan sama bagusnya dengan banyak video yang sedang ditayangkan.

YouTube memiliki beragam konten dan memiliki pembuat konten yang membuat video sederhana, tetapi ada juga pembuat konten yang menggunakan banyak perlengkapan kamera dan peralatan pascaproduksi yang mahal.

Sebagai penonton, konten dengan kualitas lebih tinggi cenderung lebih enak ditonton daripada video pendek yang direkam di smartphone. Dalam hal kualitas konten, YouTube mengalahkan TikTok.

Pemenang: YouTube

YouTube vs. TikTok: Mengelola Konten

Manfaat YouTube memiliki lebih banyak pengalaman sebagai platform adalah bagaimana fitur-fiturnya telah matang. 

Misalnya, Anda dapat melihat seluruh perpustakaan video yang Anda sukai sebelumnya. Anda dapat membuat beberapa daftar putar yang berisi video favorit Anda berdasarkan topik yang berbeda. 

Anda juga memiliki akses ke seluruh riwayat video yang ditonton, atau Anda dapat menambahkan video ke daftar putar untuk ditonton nanti.

Selain itu, kemampuan untuk berlangganan saluran yang berbeda dan mendapatkan pemberitahuan tentang konten baru menjadikannya pengalaman menonton yang lebih baik daripada TikTok.

Dengan TikTok, Anda masih dapat memfavoritkan dan menyukainya, tetapi tidak ada struktur organisasi untuk menemukan video tersebut di masa mendatang. Simpan terlalu banyak video dan Anda akhirnya akan menggulir semuanya untuk menemukan yang tepat.

Anda juga tidak dapat berlangganan pembuat konten yang berbeda dan diberi tahu tentang konten mereka, jadi Anda harus selalu memeriksa kembali secara manual untuk menemukan konten yang ingin Anda tonton.

Jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih dipersonalisasi saat mengonsumsi konten, YouTube adalah platform yang lebih baik.

Pemenang: YouTube

YouTube: Pengalaman Menonton yang Lebih Baik

Tidak dapat disangkal betapa menghiburnya TikTok sebagai sebuah platform, tetapi YouTube memiliki lebih banyak pengalaman dan itu terlihat. 

Anda dapat menelusuri katalog besar berisi video berkualitas tinggi untuk menemukan semua jenis konten dengan durasi berapa pun yang Anda inginkan. Anda dapat menyimpan video untuk ditonton di lain waktu dan mengaturnya dengan daftar putar juga.

Sekarang setelah Anda mengetahui platform mana yang berkinerja lebih baik bagi pemirsa, Anda dapat berkomitmen untuk menjadi ninja YouTube untuk menguasai platform tersebut. (Sumber)

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on TikTok vs YouTube, Bagus Mana?

  1. Cara orang membuat konten di setiap platform pada akhirnya memengaruhi cara Anda melihat setiap platform. TikTok condong relatif muda dibandingkan dengan YouTube.
    guides

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *