February 8, 2022

Speaking Skills: Dasar-Dasar Keterampilan Berbicara

February 8, 2022

Speaking Skills: Dasar-Dasar Keterampilan Berbicara


Kerampilan berbicara (speaking skills) diperlukan agar kita bisa berkomunikasi lisan atau menyampaikan pesan secara efektif. Berikut ini speaking skills basics atau dasar-dasar keterampilan berbicara.

Keterampilan berbicara juga merupakan modal utama podcasting dan vlogging. Anda harur berbicara dengan baik saat membuat podcast atau vlog.

Keterampilan berbicara didefinisikan sebagai keterampilan yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara efektif. Mereka memberi kita kemampuan untuk menyampaikan informasi secara verbal dan dengan cara yang dapat dipahami oleh pendengar.

Kita perlu mengetahui keterampilan apa yang diperlukan untuk menjadi pembicara yang baik. Artikel singkat ini akan membantu Anda memahami empat keterampilan penting yang perlu Anda kembangkan.

1. KELANCARAN (FLUENCY)

Kefasihan adalah tentang seberapa nyaman dan percaya diri Anda dalam berbicara. Jika Anda dapat berbicara untuk waktu yang lama, itu merupakan indikator kefasihan yang kuat. 

Ini juga tentang menunjukkan hubungan yang jelas antara setiap poin yang Anda coba buat. Keterampilan ini berarti pendengar dapat mengikuti apa yang Anda katakan dan tidak tersesat.

2. KOSAKATA (VOCABULARY)

Tentu saja, jika Anda tidak memiliki kata-kata untuk mengatakan apa yang ingin Anda katakan, maka Anda tidak dapat mengatakannya. 

Menjadi pembicara yang baik berarti terus mengembangkan kosakata Anda. Semakin banyak kata menarik yang Anda ketahui, semakin kuat keterampilan berbicara Anda. 

Cara terbaik untuk mengembangkan kosa kata Anda adalah banyak membaca dan mengingat atau mencatat kata-kata baru yang Anda temui di buku catatan kosakata.

3. TATA BAHASA (GRAMMAR)

Tata bahasa memang penting dan semakin sedikit kesalahan yang Anda buat, semakin baik keterampilan berbicara Anda. 

Namun, jangan khawatir membuat kesalahan juga! Seorang pembicara yang baik tidak harus menggunakan tata bahasa yang sempurna. Tentu saja, adalah ide yang baik untuk memastikan bahwa Anda telah menguasai tenses utama.

4. PENGUCAPAN (PRONOUNCIATION)

Pengucapan adalah area yang kompleks, dengan banyak sub keterampilan yang dapat dipraktikkan. Aturan dasarnya adalah bahwa pembicara rata-rata dapat berbicara dan dipahami. 

Seorang pembicara yang terampil dapat menggunakan sub keterampilan pengucapan untuk menekankan dan membuat efek komunikatif dari pidato mereka lebih berdampak. 

Sub keterampilan pengucapan meliputi: 
  • tekanan kata dan kalimat, 
  • intonasi, 
  • ritme, 
  • penggunaan bunyi individu suatu bahasa. 
Cara yang baik untuk melatih pengucapan Anda adalah dengan menyalin! Cukup dengarkan bagaimana seseorang dengan pengucapan yang baik berbicara, dan cobalah untuk meniru mereka sedekat mungkin.

Keterampilan Berbicara Dasar

Dari Toastmaster, berikut ini dasar-dasar keteampilan berbicara, khususnya saat public speaking (pidato/presentasi).

Beberapa keterampilan sederhana akan meningkatkan presentasi Anda.  Ketika Anda telah menguasai 4 keterampilan dasar yang dijelaskan di bawah ini, Anda akan menjadi pembicara publik yang sangat efektif yang menunjukkan kepercayaan diri.

1. Postur, Posisi Tubuh

Berdiri dalam posisi seimbang dan santai. Berdiri di tengah di depan beberapa langkah ke belakang dari depan penonton

Letakkan kaki Anda kira-kira di bawah bahu Anda sehingga Anda seimbang

2. Posisi Tangan

Istirahatkan lengan dan tangan Anda di samping pinggang Anda! Ini mungkin terasa aneh pada awalnya tetapi itu akan menjadi mudah dan alami bagi Anda.

3. Gesture, Gerakan Tangan

Gunakan lengan dan tangan Anda untuk penekanan, tetapi kembalikan selalu ke posisi istirahat

4. Kontak Mata

Lakukan kontak mata langsung dengan setidaknya 10 penonton di sekitar ruangan, Kontak mata langsung berarti hanya itu - menatap langsung ke mata anggota audiens.

Tahan pandangan sejenak dan kemudian pindah ke orang berikutnya. Sertakan orang-orang di depan di setiap sisi dan pindai di seluruh ruangan

5. Jeda

Gunakan banyak jeda. Diam sangat kuat dalam sebuah pidato. Jeda sebelum dan/atau setelah kata atau ide penting.

Mulailah dengan jeda saat Anda melihat sekeliling penonton melakukan kontak mata langsung. Akhiri dengan jeda saat Anda melihat sekeliling penonton melakukan kontak mata langsung

6. Terus berlatih

Anda akan meningkat dengan cepat. Jangan khawatir tentang membuat kesalahan. Anda berada di antara teman-teman. Berkonsentrasi pada keterampilan ini dan dengan cepat menjadi santai dan percaya diri.

Demikian speaking skills: dasar-dasar keterampilan berbicara, termasuk saat public speaking yang melibatkan vokal, verbal, dan visual.

Sumber: Binus, Toastmaster

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Speaking Skills: Dasar-Dasar Keterampilan Berbicara

  1. What resources or tools are available to individuals who want to further refine their speaking skills beyond the basics? greeting : Telkom University

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *