January 18, 2023

Tips SEO: Cara Meningkatkan DA dan PA Blog

January 18, 2023

Bagaimana cara meningkatkan DA dan PA blog agar mendapatkan peringkat tinggi di Google? Postingan ini membahasnya secara ringkas dan praktis. Panduan penerapan tips SEO untuk blogger pemula.

Tips SEO: Cara Meningkatkan DA dan PA Blog

Dalam SEO, DA adalah singkatan dari Domain Authority atau Otoritas Domain dan PA adalah singkatan dari Page Authority atau Otoritas Halaman. 

PA dan DA sangat penting dalam SEO dan termasuk 200 faktor peringkat blog di Google. Menyimak ulasan dan tips dari berbagai sumber, kita akan menemukan cara praktis atau intinya adalah membuat postingan atau konten berkualitas.

Konten memang akan selalu menjadi raja. Content is King. Ratusan tips SEO ujung-ujungnya menempatkan konten atau isi blog/website sebagai prioritas, hal utama, baru faktor lain seperti backlink. 

Pengertian DA, Domain Authority

Domain Authority atau Otoritas Domain adalah kekuatan sebuah domain. DA merupakan salah satu faktor peringkat sebuah laman web di mesin pencari, khususnya Google.

Menurut Moz, Otoritas Domain (DA) adalah skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa besar kemungkinan sebuah situs web untuk mendapatkan peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Skor Otoritas Domain berkisar dari satu hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemungkinan peringkat yang lebih besar.

Selain terkait rangking di SERP Google, DA juga sering dijadikan acuan untuk menilai sebuah blog yang berkaitan dengan tarif, bila ada brand yang mengajak kerja sama content placement. Semakin tinggi nilai DA blog kita, maka penghasilan yang kita dapatkan dari brand akan semakin besar.

Usia Domain

Banyak cara untuk meningkatkan DA, namun usia domain juga menentukan. Artinya, jika nama domain blog Anda masih baru, maka otoritasnya pun masih rendah.

Semakin lama usia sebuah domain, maka kian tinggi pula otoritas dan ranking domain tersebut di mesin pencari. Bertahan lamanya sebuah domain, misalnya hingga lima tahun, menunjukkan laman web/blog tersebut bertahan di tengah persaingan.

Karenanya, ada saran dari pakar SEO, saat sewa domain, sebaiknya langsung lima tahun! Umumnya para blogger sewa domain per tahun. Nah, bagusnya tuh langsung lima tahun, atau minimal per dua tahun, agar DA-nya bagus nanti.

Popularitas Domain

Usia domain juga nantinya berpengaruh pada. Popularitas domain yang bisa diukur dari banyaknya backlink yang masuk. Makin banyak backlink, maka akan makin populer sebuah laman website/blog di mata mesin pencari.

Cara tercepat mendapatkan backlink adalah content placement atau sponsored post. Banyak agen layanan Contant Placement (CP) yang bisa Anda hubungi untuk pasang content placement, termasuk pasang CP di contohblog.com.

Jumlah Posting

Banyaknya link yang masuk juga dipengaruhi jumlah konten blog. Makin banyak postingan bagus, berkualitas, disukai pengguna internet, maka akan makin banyak peluang mendapatkan backlink karena artikel Anda dikutip atau di-share. Di sini pula "konten adalah raja" berlaku.

Pengertian PA, Page Authority

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah sebuah istilah SEO yang digunakan untuk menggambarkan ranking sebuah halaman website atau blog.

Page Authority (PA) adalah metrik yang digunakan untuk menilai seberapa baik kualitas atau reputasi suatu halaman di situs web.

Menurut Moz, PA adalah skor yang memprediksi seberapa baik peringkat halaman tertentu di halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor Otoritas Halaman berkisar dari satu hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan peringkat yang lebih besar. 

Cara meningkatkan PA tidak jauh berbeda dengan cara meningkatkan DA, yaitu sering update, postingan harus selalu fresh dan tentunya dicari dan bermanfaat bagi pembaca. Backlik, lagi-lagi, ikut menentukan nilai PA sebuah situs web atau blog.

Tips SEO Cara Meningkatkan DA dan PA Blog atau website sebenarnya sama saja dengan tips SEO lainnya. Kalau kita cermati, semua teknik dan strategi SEO poin terpentingnya adalah konten atau postingan.

Blogger pemula yang merasa "pusing" dengan penerapan SEO bisa fokus dulu ke pembuatan konten berkualitas. Menulis saja, terus bagikan pengetahuan dan pengalaman Anda, dan di waktu tertentu, Anda update dengan menerapkan SEO sedikit demi sedikit.

Penerapan SEO sedikit demi sedikit itu antara lain backlink building --memasukkan link internal dan eksternal dalam  postingan, membuat heading tag H2 atau H3 dalam subjudul, kelengkapan gambar, dan sangat bagus jika postingan Anda menyisipkan Video.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Tips SEO: Cara Meningkatkan DA dan PA Blog

  1. Makasih min atas tips2nya. Nanti saya coba maksimalin buat ningkatin DA PA web saya

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *