Home » , » Panduan Mendapatkan Uang dari Blog untuk Pemula

Panduan Mendapatkan Uang dari Blog untuk Pemula

Panduan Mendapatkan Uang dari Blog untuk Pemula
Panduan Mendapatkan Uang dari Blog (Make Money Blogging) untuk Pemula.

BLOG --singkatan dari Website Log-- adalah halaman web pribadi (personal web page) yang awalnya merupakan 'buku harian online' (online diary) untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Namun, sebagai media online yang dapat diakses semua orang, blog telah berkembang menjadi sekadar halaman pribadi atau media dokumentasi online, tapi juga bisa menghasilkan uang, terutama dari pemasangan iklan Google (Google AdSense) dan program afiliasi.

Beragamnya desain template blog juga menjadikan blogger bisa dikembangkan menjadi toko online dan situs berita. Bahkan, instansi, perusahaan, atau organisasi pun dapat menggunakan blogger untuk membuat situs resmi lembaga, misalnya dengan menggunakan Template Corporate Theme atau Business Theme.


Panduan Menghasilkan Uang dari Blog

Berikut ini tips Make Money Online atua Make Money Blogging yang CB sadur dari Blog Press, sebuah panduan detail bagi blogger pemula yang ingin menjadi "wirausahawan dengan blog" (blogpreneur).

Ada lima langkah kunci untuk bisa menghasilkan uang dari blog atau berbisnis online:
  1. Create Your New Blog - membuat blog sebagai langkah pertama.
  2. Get The Help And Support You Need - minta bantuan yang dibutuhkan.
  3. Get Ready… Get Set… Start Blogging… - mulai ngeblog meliputi desain dan posting
  4. Marketing Your Blog - promosi blog agar dikenal pengguna internet
  5. Making Money With Your Blog - menghasilkan uang dengan blog.

#1. Membuat Blog

Membuat blog sangat mudah, semudah membuat email atau akun media sosial. Bagi pemula, Anda bisa mengikuti panduan Cara Membuat Blog plus SEO Dasar dan Cara Mengganti Template Blogger.

Ada banyak situs yang menyediakan tempat buat ngeblog secara gratis, fully free! Platform blog terpopuler adalah Blogger (Blogspot) dan WordPress (WordPress.com).

Jika Anda membidik menjadi publisher Google AdSense, maka harus menggunakan Blogger karena WP tidak bisa memasang Google AdSense, kecuali blog selfhosted CMS WordPress dengan nama domain dan hosting sendiri (berbayar).

Ringkasnya, untuk membuat blog di blogger, Anda tinggal buka Blogger dan mengikuti panduan selanjutnya.

#2. Minta Bantuan

Jika Anda seorang pemula (newbie), tentu butuh bantuan untuk urusan desain, posting, SEO, dan hal lain seputar blogging.


Jangan khawatir, sangat banyak blogger senior yang berbagai tips dan trik blogging, mulai soal template, desain, hingga SEO.

Anda tinggal "Googling" dengan kata kunci "cara membuat .... di blog" atau "how to create ... in blogger blog", maka akan tersedia banyak sekali tips-trik blogging bagi pemula dari para blogger senior dan profesional.

Langkah instannya, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan blog dengan kisaran harga sangat terjangkau.


#3. Mulai Ngeblog

Anggap saja blog Anda sudah jadi, misalnya dengan nama blog menggunakan nama Anda sendiri, lalu apa selanjutnya? Tentu saja, mengisi blog itu dengan posting, baik berupa tulisan, gambar (foto), grafis, ataupun video atau gabungan semuanya (multimedia).

Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab ketika mulai blogging dan mendapatkan uang (penghasilan) dari blog:
  1. Apa topik utama isi blog Anda? Dikenal dengan istilah Niche Blog. Niche blog terbaik adalah yang sesuai dengan passion alias bakat, minat, dan keahlian Anda.
  2. Ngeblog juga merupakan "personal branding" sekaligus "promosi pribadi" di internet. Anda ingin dikenali sebagai apa? Apakah... ahli bidang tertentu, reporter, cerpenis, penulis buku, atau apa?
  3. Siapa pemilik lima blog terbaik di niche blog Anda? Intip blog mereka, mulai dari logo, desain tampilan, kategori/label, hingga gaya tulisan dan jenis posting.
  4. Seberapa sering Anda akan update posting?
Jika niche blog Anda tentang tips atau cara membuat sesuatu, maka update posting bisa seminggu sekali. Namun, jika Anda memilih niche blog berita atau informasi aktual, maka dalam sehari minimal ada 2-3 atau lebih posting baru.

#4. Promosi Blog

Untuk mendapatkan banyak pengunjung --sebagai kuncu sukses bisnis online dan/atau menghasilkan uang dari blog, maka Anda harus lakukan apa yang disebut SEO, SEM, SMO, dan SMM.

Meski demikian, SEO TERBAIK tetaplah Konten Berkualitas sebagaimana panduan Google, yaitu tulisan atau posting unik, asli karya sendiri, lengkap, dan bermanfaat serta dibutugkan orang banyak.

#5. Menghasilkan Uang dar Blog

Banyak cara agar blog mendatangkan penghasilan. CB sudah share:

Demikian Panduan ringkas cara Mendapatkan Uang dari Blog (Make Money Blogging) untuk Pemula. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Panduan Mendapatkan Uang dari Blog untuk Pemula

Previous
« Prev Post

1 comments:

Comment Page:
  1. Terima kasih informasinya. Yang penting dalam Cara mendapatkan uang dari blog adalah dengan mengerjakan secara konsisten.

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox