Bunga Lavender Tanaman Hias  Pengusir Nyamuk

Saat blogging, CB sering terganggu dengan nyamuk nakal di ruangan. Setelah Googling, CB menemukan tanaman hias Bunga Lavender! 

Bunga lavender dikenal sebagai tanaman hias pengusir nyamuk. Langsung aja beli tiga di marketplace, buat disimpan di sudut ruangan.

Dari berbagai sumber, disebutkan bunga lavender adalah bunga asli dan wangi. Bunga ini termasul asli Indonesia.

Arti Lavender

Lavender adalah tumbuhan semak, bunganya harum, berkelompok, dan berwarna ungu kebiruan, daunnya berwarna abu-abu dan sangat tipis. (KBBI).

Menurut Wikipedia, lavender atau lavendel atau lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India—Dunia Lama

Bunga lavender dikenal memiliki aroma yang menenangkan. Tanaman ini sangat terkenal sebagai pengusir nyamuk yang efektif dan seringkali digunakan sebagai campuran pengusir nyamuk komersial. 

Tanaman ini bisa disimpan di depan rumah, atau di ambang jendela, agar nyamuk enggan masuk ke rumah.

Bunga lavender memiliki arti yang sangat dalam, yaitu melambangkan pengabdian, kesucian dan juga cinta.

Lavender merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik dalam suhu yang cukup panas. Hal ini berarti tanah lembab justru tidak bagus bagi pertumbuhan lavender.

Dari benih hingga bisa berbunga butuh waktu enam bulan. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus perhatikan dalam membudidayakan lavender. Bila ingin membudidayakan dalam jumlah besar, sebaiknya tanam di musim hujan.

Batangnya memiliki banyak cabang dan terlihat seperti semak-semak. Daun kecil juga tipis yang menyirip, bergerigi, dan berwarna hijau. Bunganya terdapat dipucuk batang dengan warna ungu dan biru keunguan. Berumur panjang sekitar 20 hingga 30 tahun.

Manfaat Bunga Lavender

Dikutip dari Popmama, bunga lavender telah lama dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kemampuannya ini berasal dari aroma yang dikeluarkan olehnya. Aroma tersebut mengandung linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Daripada menggunakan obat pengusir nyamuk dengan bahan dasar kimia, maka coba manfaatkan bunga ini. Pastinya lebih aman untuk keluarga!

Bunga lavender termasuk bunga dengan aroma yang kuat. Satu pot kecil saja sudah mampu membuat penjuru ruangan terasa lebih harum. Letakan lah bunga lavender di ruang keluarga, acara kumpul-kumpul pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Kita juga bisa dampingkan bunga lavender ini dengan workstation, agar meja kerja dijauhi nyamuk!

Selain itu, kita juga bisa mengekstrak bunga lavender dan mengolahnya menjadi sabun organik. Sabun bunga lavender pun akan membuat tubuh kita wangi sepanjang hari.

Tidak hanya wangi, aroma bunga lavender mengandung anti-neurodepresive. Alhasil, kita akan merasa tenang dan relaks ketika menghirup aroma tersebut.

Kita bisa meletakan bunga ini di kamar tidur untuk membantu kita beristirahat setelah melewati hari yang melelahkan.

Selain menenangkan, aroma bunga lavender bisa mengatasi stres, membuat kita tertidur lebih cepat, bahkan mengatasi insomnia lho!

Cara Merawat Lavender

Dikutip dari salah satu seller di marketplace, rekomendasi pemupupukan lavender1 bulan 2x. Hanya saja sebelum 1 bulan tertanam jangan diberikan pupuk!

Lakukan penyiraman pagi dan sore sebanyak 1 gelas per 1 kali penyiraman. Selama 7 hari simpan di indoor, jika sudah lewat berikan sinar secara perlahan:

Hari. ke.1, 1 jam. Hari ke.2, 2 jam. Hari ke-3, 3 jam. Begitu seterusnya sampai durasi 7-9 hari

Selama proses belum selesai, maka tanaman lavender tidak boleh terkena sinar secara full. Jika layu atau daun mengering, maka segera masukan kembali ke dalam ruangan.

Harga bunga lavender jika beli online di kisaran 10-12 ribuan saja. Sangat terjangkau! Yuk, hijaukan ruangan! Bantu juga UMKM penjual tanaman hias seperti bunga lavender ini, dengan membelinya!

Bunga Lavender Tanaman Hias Pengusir Nyamuk akan membuat blogger nyaman saat blogging. Good Luck and Happy Blogging!

Post a Comment