October 28, 2021

Rekomendasi 5 Alat Standar Content Creator Multimedia

October 28, 2021

Rekomendasi 5 Alat Standar Content Creator Multimedia

Content creator atau pembuat konten adalah orang yang membuat tulisan, foto/gambar, audio, dan video berisi informasi atau hiburan yang dipublikasikan di internet, khususnya di media sosial.


Contoh content creator antara lain blogger dan Youtuber. Daftar kelengkapan alat content creator berbeda-beda, tergantung konten yang dibuatnya.


Bagi blogger yang hanya posting tulisan, maka alat yang diperlukan "hanya" sebuah komputer atau laptop plus koneksi internet. Bagi Youtuber, alat yang diperlukan antara lain komputer, kamera, mikrofon, dan headphone.


Secara umum, alat konten kreator adalah smartphone yang sudah dilengkapi mikrofon dan kamera. Seorang podcaster juga bisa hanya bermodalkan ponsel pintar, namun sebaiknya dilengkapi mikrofon eksternal yang bagus agar menghasilkan suara jernih.


Peralatan yang diperlukan content creator cukup terjangkau. Dengan modal satu juta, kelengkapan mikrofon dan headphone sudah bisa terpenuhi dengan kualitas bagus. 


Untuk komputer, dibutuhkan laptop berkecepatan memadai agar editing audio atau video berjalan tanpa kendala berarti.

Rekomendasi Alat Standar Content Creator

Bagi Anda yang punya dana pas-pasan seperti CB, berikut ini rekomendasi alat standar untuk kreasi konten multimedia.


1. Komputer/Laptop


Laptop murah dan bagus terutama dari aspek audio antara lain ASUS X441M. Keyboardnya sangat menarik. Suara laptop asus sangat kencang sekali baik buat presentasi. Harganya di kisaran 3Rp-4 juta saja.


ASUS X441M

Menurut website resminya, Notebook seri ASUS X441 dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia yang mendalam. Didukung oleh prosesor hingga Intel® Core™ generasi ke-8, graphic card berkelas gaming NVIDIA® GeForce®, dan audio SonicMaster yang menggabungkan teknologi eksklusif ICEpower®, X441 memberikan audiovisual yang luar biasa untuk sebuah laptop.


Laptop ASUS X441M mempunyai HDMI, laptop ini mempunyai CPU Intel Celeron N4000, up to 2.6GHz, mempunyai DVD Sup MTL, HDD memiliki 1TB, OS WIN10, yang aku punya itu intel inside, intel inside juga tidak lemot tetapi kalau banyak aplikasi atau permainan pasti lemot sebaiknya disimpan ke flasdisk agar laptop ASUS X441M tidak lemot.


2. Kamera Webcam


Kamera laptop sangat standar. Untuk kualitas gambar/video yang lebih jernih, dibutuhkan kamera eksternal untuk laptop yang disebut Webcam atau Kamera Web.


Hasil Googling dan buka-buka referensi di Youtube, pilihan CB untuk Webcam murah dengan kualitas bagus adalah ASHU HD 1080P. Harganya di kisaran Rp200-300 ribuan. Bahkan ada yang jual harga di bawah 200 ribu! Cari harga terbaik di marketplace.


ASHU HD 1080P

Webcam ini sudah mampu menghasilkan video 1080 pixel yang membuat gambar Anda bisa jernih. Selain itu, webcam ini sudah dilengkapi dengan built-in microphone sehingga Anda sudah tak membutuhkan microphone yang membuat ribet lagi.


Webcam ini sudah bisa menghasilkan video yang jernih dan HD yaitu 1080P. FullHD 1080P. Dengan menggunakan webcam ini Anda dapat teleconfrence atau video call dengan kualitas gambar yang tajam sehingga lawan bicara Anda pun dapat melihat Anda dengan baik. 


Webcam ini sudah dilengkapi dengan microphone sehingga Anda tak membutuhkan lagi microphone external. Suara yang dihasilkan pun akan bisa terdengar jelas saat Anda menggunakannya untuk video call atau telepon.


3. Mikrofon


Mikrofon sudah ada di laptop dan kamera. Namun, jika ingin hasil rekaman suara lebih jernih atau lebih bagus, gunakan mikrofon tersendiri. 


Mic Condenser BM 800

Mikrofon yang murah namun bagus antara lain BM 800 yang harganya 100 ribuan. Di marketplace, biasanya mikrofon ini dijual satu paket dengan tripod dan splitter dengan harga di kisaran 170-200 ribuan. 


Salah satunya Paket Mic Condenser BM 800 dan Full Aksessoris Arm Stand Mic Boom Scissor with Splitter yang harganya Rp185 ribu.


Ketiga alat di atas sudah mencukupi kebutuhan seorang content creator multimedia, termasuk podcaster dan Youtuber. Kelengkapan lainnya adalah headphone atau headset.


4. Headphone/Headset/Earphone


Headphone berguna untuk mendengarkan audio yang lebih jelas atau jernih. Noise atau suara lain (selain suara vokal Anda) akan terdengar jelas.


Headphone adalah alat bantu untuk mendengarkan audio tanpa mikrofon. Headphone yang dilengkapi mikrofon disebut headset. Headset berukuran kecil (yang hanya menutup lubang telingan) disebut earphone.


Earphone murah dengan kualitas bagus yang populer antara lain merek JBL. Harga Earphone JBL C150SI di kisaran Rp60-100 ribu.


JBL C150SI

JBL C150SI In-Ear Headphones with Mic menghasilkan suara khas yang mengesankan yang mendukung streaming audio resolusi tinggi menggunakan kabel dan port jack 3.5 mm. Headphone kecil ini mereproduksi suara yang menunjang dentuman bass berkualitas karena menggunakan driver speaker advanced 9mm. 


Earbudnya didesain senyaman mungkin, agar Anda merasakan tidak seperti menggunakan headphone in-ears, dirancang secara ergonomis untuk menghindari area yang kaya saraf pada telinga, untuk kenyamanan jangka panjang.


5. Kelengkapan Ruang Rekaman


Memiliki ruang khusus untuk rekaman atau produksi multimedia, yakni studio, sangat ideal bagi konten kreator. Namun, jika kamar Anda menjadi tempat membuat konten, maka sebaiknya menggunakan dua kelengkapan ruang rekaman ini: Peredam Suara dan Wallpaper.


Peredam Suara

Peredam suara bisa dibeli di marketplace dengan kisaran harga 50 ribuan per lembar. Berupa busa tipis, peredam suara ini akan menghilangkan gema (echo) dan membuat suara lebih jernih.


Wallpaper berfungsi menjadi pemanis ruangan, terutama bagian latar belakang (background). Opsinya adalah Wallpaper Dinding Foam atau Wallfoam. Harganya murah, di kisaran 4-5 ribuan per lembar. Anda tak perlu mengecat ulang ruangan dengan menggunakan Wallfoam ini.


Wallfoam

Itu dia Rekomendasi 5 Alat Standar Content Creator Multimedia dengan bujet pas-pasan. Tentu saja, lebih banyak dana yang Anda miliki, maka alat yang bisa dibeli dan gunakan akan lebih bagus dan lebih mahal.*


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Rekomendasi 5 Alat Standar Content Creator Multimedia

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *